Efektivitas Outing Class Sebagai Metode Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Aminatus Zahro Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Nurhayati Adhani Universitas Trunojoyo Madura
  • Fikri Nazarullail
  • Dinda Rizki Tiara Universitas Trunojoyo Madura
  • Angga Fitriyono Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.19184/jecer.v6i1.53686

Keywords:

Early Childhood, cooperation, Outing Class

Abstract

Peran lembaga pendidikan pra-sekolah sebagai upaya untuk menstimulasi perkembangan anak agar mereka siap melanjutka ke jenjang pendidikan selanjutnya. Dalam konteks ini, strategi pembelajaran luar ruangan atau outing class menjadi pilihan populer dan dianggap lebih efektif daripada metode ceramah, karena memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif karena fokus penelitian adalah pada pengumpulan dan analisis data berupa angka menggunakan metode statistik. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimen kuantitatif, di mana pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen diselidiki dalam kondisi yang terkendali, maka desain quasi-experimental dipilih. Quasi-experimental design memiliki dua bentuk, yaitu time-series design dan nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini, digunakan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat efektivitas outing class sebagai metode belajar dalam meningkatkan kemampuan kerja sama anak usia dini. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti, maka: Nilai signifikasi posttest kontrol 0,001, Thitung < Ttabel (0,001 < 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh signifikan yaitu efektivitas outing class sebagai metode belajar dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini di TK Permata Hati. Nilai signifikasi post-test eksperimen 0,001, T hitung < T tabel (0,001 < 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrowi, A. (2024). Pembelajaran Dengan Pendekatan Outing Class (Penelitian Fenomenologi di RA Al-Inshof Cibadak Lebak Banten Tahun 2024). E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 5(2).

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2020). Strategi Pembelajaran Physical Distancing Guru PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1536–1543.

DINI, P. P. I. A. U., & SIDDIK, I. S. A. (n.d.). PEMBELAJARAN OUTING CLASS MELALUI KEGIATAN FUN COOKING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU CAHAYA TOBOALI DAN TK KHOIRUNNISA BANGKA TENGAH.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Husamah, H. (2013). Pembelajaran luar kelas (outdoor learning). Research Report.

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(2), 1–13.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode pembelajaran outing class pada kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31.

Moeljadi, D., Sugianto, R., Hendrick, J. S., & Hartono, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Badan Pengembangan Bahasa Dan Kebukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.

Prastowo, A. (2011). METODE PENELITIAN KUALITATIF (dalam Perspektif Rancangan Penelitian). Ar-Ruzz Media.

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi pembelajaran outing class guna meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22.

Ramadani, T. F., Ahmad, A., Marcellah, A., & Muktamar, A. (2024). Eksplorasi konsep dan model kepemimpinan dalam manajemen strategik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 243–264.

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan karakter kerjasama anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Articles