Pengaruh Media Labhur (Labirin huruf) pada Pengenalan Huruf Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
Anak usia dini, Pengenalan huruf, Media pembelajaranAbstract
Kemampuan dalam mengenali huruf merupakan salah satu indikator utama perkembangan bahasa anak usia 4 hingga 5 tahun yang menjadi fondasi penting bagi keterampilan membaca dan menulis di masa mendatang. Pada tahap usia dini, anak memerlukan media pembelajaran yang bersifat menarik serta interaktif guna menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Labhur (labirin huruf) terhadap kemampuan pengenalan huruf anak. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian melibatkan 30 anak dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Sumbersari Jember, yang terbagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media Labhur dan kelompok kontrol yang tidak menggunakannya. Data dikumpulkan melalui observasi terstruktur terhadap kemampuan mengenal huruf anak sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media Labhur memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak (t-hitung = 7,313 > t-tabel = 2,048; signifikansi = 0,000 < 0,05). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Labhur merupakan sarana pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia 4–5 tahun serta layak dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran anak.
Downloads
References
Aeny, F., Nurhalim, K., & Utsman, U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Alphabet Inggris dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Asean Community Center Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 1–5.
Budyawati, L. P. I. (2018). Modul Media Dan Sumber Belajar PAUD. Universitas Jember.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Elia, L. I., Anggraini, D. D., Azminah, S. N., & Amala, N. (2024). Penggunaan Pojok Baca Dalam Mengembangkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya. Journal Of Early Childhood Education And Research (JECER), 5(2), 49–59.
Etianingsih, M. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan SUmbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Jember.
Fadlillah, M. (2023). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Din. Prenada Media.
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195.
Lamala, L. (2022). Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet pada Anak Kelompok B di TK Siap Maju Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Early Childhood Islamic Education Journal, 3(2), 140–149.
Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Penuntun Teori dan Paktik bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK) Jember.
Munawwaroh, A. U., Wijaanti, A., & Koesmadi, D. P. (2020). Pengembangan Media Maze Alur Tulis Pada Perkembangan Motorik Halus ( Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumber Pangkur Ngawi). Jurnal CARE, 8(1).
Nengsi, K. J., Haryono, M., & Sari, R. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Mencari Jejak (Maze) Pada Anak Kelompok B. JDER Journal of Dehasen Education Review, 3(3), 63–66. http://jurnal.unived.ac.id
Nurhanifa, Soraya, N., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Bunga Tanjung Desa Tanjung Dayang Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 243–252.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66.
Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis data kuantitatif dengan program IBM SPSS statistic 20.0. Deepublish.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk (Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar). J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 7(11), 7–11.
R, R. K., Nurialistiawati, M., Syamsuardi, & Herman. (2022). Pengaruh Permainan Mencari Jejak (Maze) Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(4), 291–301. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Salamah, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pancing Huruf (PANHUF) di Kelompok B Tk Negeri Kintelan Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(2), 278–286. https://doi.org/10.51874/jips.v3i2.63
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Vera, C. R. (2022). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Pada anak Usia 4-5 Tahun Di Dusun Deyah Baro. Science, 7(1), 1–8.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.