Peran Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Keywords:
Perkembangan kognitif, Anak usia dini, Lingkungan keluargaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh keluarga terhadap perkembangan bagaimana keluarga mempengaruhi perkembangan kognitif anak-anak yang masih kecil. Keluarga dianggap sebagai faktor yang sangat penting, yang bisa memberikan dukungan atau malah menghalangi perkembangan kognitif anak, terutama di masa kecil yang merupakan fase penting untuk pertumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi dari para guru dan orang tua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga yang mendukung, seperti peran aktif orang tua dalam proses belajar anak, pemberian rangsangan yang sesuai, dan metode pengasuhan yang positif, memiliki dampak besar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Di sisi lain, kurangnya perhatian, sedikitnya rangsangan, serta pola pengasuhan yang otoriter atau terlalu bebas dapat menghambat perkembangan tersebut. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak-anak di usia dini, sehingga penting bagi orang tua untuk menciptakan suasana yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dengan optimal. Lingkungan keluarga berkontribusi besar terhadap perkembangan anak, sebagai tempat utama dan pertama di mana anak tumbuh.
Downloads
References
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2019). KOMUNIKASI VERBAL PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK INDIGO. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.9955
Astuti, M., Mutyati, M., Wulandari, T., Fatmawati, A., Sakinah, M. A., Tuzzakiyah, L., & Ibrahim, I. (2023). Peran Lingkungan Keluarga dalam Perkembangan Kognitif Anak di SD Negeri 160 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1476–1485. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.346
Elia, L. I., Anggraini, D. D., Azminah, S. N., Amala, N., Madura, I., & Timur, J. (2024). Penggunaan Pojok Baca Dalam Mengembangkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya. 5(2).
Fatimah, E. R. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI DESA KEDUNG AGUNG KABUPATEN PURWOREJO. Research in Early Childhood Education and Parenting, 3(1). https://doi.org/10.17509/recep.v3i1.42192
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Fitria, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. 2.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). PENERAPAN METODE KUALITATIF DESKRIPTIF UNTUK APLIKASI PENGOLAHAN DATA PELANGGAN PADA CAR WASH.
Haryati, Juniwisniana, & Mufaro’ah. (n.d.). PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8, 53.
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Intan S, Media Rahmah, & Linda Yarni. (2023). Psikologi Perkembangan Prantal, Usia Dini, Dan Anak: Hakikat Perkembangan Dan Pertumbuhan. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 317–328. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.475
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). KONSEP DASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MENURUT JEAN PIAGET. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Lubis, R., Fitriani, A., Salsabila, N., Shabilla, N. A., Ningtyas, I. C., & Aulia, I. (2024). Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun. 06(3).
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Muslih, M. (2016). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SDN LIMBANGAN. 1(4).
Nur Amini, & Naimah, N. (2020). FAKTOR HEREDITAS DALAM MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELLIGENSI ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162
Nurcahayati, T., & Adhani, D. N. (2022). Perbedaan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Pasca Pandemi Covid-19. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), 3(2), 46. https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.33764
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Sitorus, M. S., & Sit, M. (2024). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 8.
Sofia, A., Nopiana, N., & Suryadi, S. (2020). Study Deskriptif Faktor-Faktor Penunjang Dan Penghambat Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.467
Vini Agustiani Hadian, Dewinta Arum Maulida, & Aiman Faiz. (2022). PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526