Kualitas Standar Sarpras PAUD Di Lembaga TK Plus Usman Al-Farsy Nurul Hikmah Pamekasan

Authors

  • Nor Isna Kamila IAIN MADURA
  • Raudatul Jannah
  • Luthfatun Nisa

DOI:

https://doi.org/10.19184/jecer.v6i1.53723

Keywords:

PAUD, Standar PAUD, Standar Sarpras PAUD

Abstract

Urgensi penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pendidikan anak usia dini di lembaga TK Plus Usman Al-Farsy Nurul Hikmah berdasarkan standar sarana dan prasarana yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, tenaga administratif, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Plus Usman Al-Farsy Nurul Hikmah telah memenuhi sebagian besar standar sarana dan prasarana yang ditetapkan pemerintah, terutama pada aspek luas lahan, ketersediaan ruang pembelajaran, dan alat permainan edukatif indoor. Namun, terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan, seperti ketersediaan APE outdoor, fasilitas UKS terpisah, dan sistem inventarisasi yang lebih terstruktur. Kendala utama yang dihadapi lembaga adalah keterbatasan anggaran, kurangnya SDM khusus untuk pemeliharaan, dan pemahaman yang terbatas tentang sistem perawatan preventif. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa TK Plus Usman Al-Farsy Nurul Hikmah dinilai layak sebagai lembaga PAUD menurut standar sarana dan prasarana, namun masih memerlukan pengembangan pada beberapa aspek untuk mencapai kualitas pendidikan yang optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, Ibrahim. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barnawi & Arifin, M. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. (2007). Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

Direktorat GTK PAUD. (2015). Panduan Penataan Lingkungan Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dodge, D. T., Colker, L. J., & Heroman, C. (2002). The Creative Curriculum for Preschool. Washington DC: Teaching Strategies.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Hartati, S. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Mutu Layanan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112-128.

Kemendikbud. (2018). Manual Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS.

Kemendikbud. (2020). Standar Nasional PAUD: Sarana dan Prasarana. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN.

Kusuma, W. S., Sukmono, N. D., & Tanto, O. D. (2022). Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisonal Dakon, Vygotsky Vs Piaget Perspektif. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 67–81.

Mariyana, R. (2019). Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD. Jakarta: Kencana.

Montessori, M. (1967). The Discovery of the Child. New York: Ballantine Books.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmianto, Eko. (2008). Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Rahmat, A. (2020). Hubungan Sarana Prasarana dengan Efektivitas Pembelajaran di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 798-811.

Santrock, J.W. (2017). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Education.

Suyadi (2017). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan. 20(2), 90-98. https://doi.org/10.30587/didaktika.v20i2.61

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD: Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2025-06-28